Syarat Tanam (Agroklimat) Budidaya Jeruk

Perkebunan Jeruk di Desa Selorejo, Dau, Kab. Malang

Buah jeruk adalah salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia karena selain rasanya yang menyegarkan juga memiliki berbagai manfaat yang banyak. Menanam satu atau dua pohon jeruk di halaman rumah, bermanfaat untuk menambah ketersediaan buah jeruk anggota keluarga dan warga sekitar. Pekarangan yang sempit bukanlah kendala untuk menanam jeruk. Bertanam jeruk didalam pot adalah salah satu primadona para hobiis tabulampot (tanaman buah dalam pot). Untuk menghasilkan tanaman buah jeruk dalam pot dengan produktivitas dan kualitas buah yang baik, maka perlu ditanam di lingkungan tumbuh yang ideal. Agroklimat yang sesuai dapat mendukung pertumbuhan dan pembuahan jeruk yang optimal baik apabila pohon ini ditanam di kebun, pekarangan maupun dalam pot. Keadaan lingkungan mempengaruhi pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman jeruk. Untuk menghasilkan tanaman buah jeruk yang bisa berbuah diluar musim, keadaan kondisi lingkungannya harus mendukung. Secara umum kondisi agroklimat yang sesuai untuk pertanaman jeruk yaitu:

 

Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat dari permukaan laut biasanya dinyatakan dalam satuan mdpl (meter dari permukaan laut), untuk mengetahui ketinggian tempat disuatu wilayah, kita bisa gunakan Altometer atau bertanya pada BMKG setempat. Beberapa kriteria ketinggian tempat yang sesuai untuk beberapa spesies jeruk:

  • Jeruk manis punten: 300 – 800 mdpl
  • Jeruk siem: 100 – 700 mdpl
  • Jeruk keprok madura: 100 – 900 mdpl
  • Jeruk keprok tejakula: 100 – 900 mdpl
  • Jeruk keprok batu 55: 700 – 1200 mdpl
  • Jeruk keprok garut: 700 – 1200 mdpl
  • Jeruk besar nambangan: 100 – 700 mdpl
  • Jeruk jerpun kasturi: 100 – 1000 mdpl
  • Jeruk kumkuat: 100 – 1000 mdpl
  • Jeruk purut: 100 – 400 mdpl

 

Suhu dan Kelembapan

Suhu harian yang dibutuhkan jeruk untuk tumbuh secara optimal adalah berkisar antara 25 – 30 Celsius. Beberapa jenis jeruk masih bisa tumbuh normal dengan suhu 38 Celsius. Untuk jeruk keprok memerlukan suhu optimum 20 Celsius. Tanaman jeruk akan tumbuh optimum pada kelembapan udara 70 – 80 %. Untuk mengetahui dan memantau kondisi suhu dan kelembapan lingkungan bisa kita gunakan alat ukur thermo-hygrometer.

 

Keasaman Tanah

Tanaman Jeruk dapat tumbuh pada media tanam / tanah dengan tingkat keasaman tanah (pH) 5 – 7 dengan nilai optimum di pH 6. Untuk menurunkan pH tanah (apabila nilainya diatas pH 7) dapat ditambahkan serbuk belerang atau penyiraman dengan Asam asetat / cuka dapur sampai pH nya mendekati nilai 5 – 7. Untuk menaikkan nilai pH tanah (apabila nilainya dibawah pH 5) dapat ditambahkan serbuk kapur / dolomit atau penyiraman dengan NaOH secukupnya sampai pH nya mendekati nilai 5 – 7. Untuk melakukan pengukuran keasaman tanah dapat dibaca lebih lanjut melalui artikel berikut: Metode Pengaturan Asam Basa Tanah & Media Tanam.

 

Struktur Tanah

Tanaman jeruk menyukai struktur tanah yang memiliki tekstur lempung sampai lempung berpasir dengan fraksi liat (clay) 7-27%, debu (silt) 25 -50% dan pasir (sand) kurang dari 50%.. Selain itu tanah harus memiliki cukup humus dengan drainase air dan udara yang baik. Untuk mengetahui cara mengukur struktur tanah kebun dapat dibaca lebih lanjut melalui artikel berikut: Metode Analisa Struktur Tanah Kebun. Beberapa jenis tanah yang sangat cocok untuk budidaya jeruk adalah tanah andosol dan latosol.

 

Curah Hujan

Tanaman jeruk bisa tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki curah hujan berkisar antara 1.900 – 2.400 mm per tahun dengan rata-rata bulan basah selama 2-4 bulan dan rata-rata bulan kering 3-5 bulan. Curah hujan sangat mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan terutama rasa. Pada musim kering, buah jeruk yang dihasilkan memiliki rasa lebih manis dengan kadar air lebih rendah. Sebaliknya ketika curah hujan tinggi, buah jeruk biasanya menjadi kurang manis dan memilki banyak kandungan air. Curah hujan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan buah rontok dan tanaman mudah terserang penyakit sehingga produksi rendah.

 

Baca Juga:

Menanam Jeruk di Dalam Pot

Cara Memilih Bibit Jeruk Berkualitas

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2018
Bagikan:

Sponsor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.