Cara Memilih Bibit Jeruk Berkualitas

Benih Pohon Jeruk Hasil Okulasi

Dalam memilih bibit jeruk yang akan ditanam baik di lahan maupun di dalam pot, sebaiknya perhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pilihlah bibit yang sehat dan pertumbuhannya seragam
  2. Tinggi bibit sekitar 80 – 100 cm dari permukaan tanah dengan diameter batang 1 – 1,5 cm
  3. Batang berbentuk kurus, tidak bercabang dan berwarna hijau kecoklatan
  4. Warna daun hijau mengkilap dan telah memiliki tiga flush (trubus)
  5. Umur bibit sekitar 6 bulan keatas
  6. Bibit hasil okulasi sebainya batang bawah berasal dari jeruk jenis RL (Rough Lemon) atau troyer, JC (Japanese Citroen), volameriana, dan citrumello. Japanese Citrun (JC) banyak digunakan sebagai batang bawah karena mudah diokulasi, memiliki sistem perakaran yang dalam, cocok ditanam di dataran tinggi maupun rendah serta menghasilkan buah yang banyak mengandung air. Sementara jeruk jenis RL (Rough Lemon) memilki sifat tahan kekeringan, dapat tumbuh cepat, mudah untuk diokulasi, memiliki ketahanan penyakit dari serangan virus tristeza serta cocok ditanam di dataran tinggi maupun rendah.
  7. Batang atas bibit okulasi harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu: sehat, produktivitas tinggi, ranting untuk mata tempel tidak berduri, asal usulnya jelas dan berasal dari tanaman induk yang letaknya diluar jangkauan vektor virus (minimal 5 Km dari daerah endemik)
  8. Bibit jeruk juga harus bebas dari serangan hama dan penyakit terutama 7 jenis penyakit sistemik yang kerap menyerang tanaman jeruk yaitu: CVPD, psorosis, exocortis, tristeza, tatter leaf, vein enation dan xyloporosis.

Saat ini, pemerintah telah menyediakan berbagai bibit unggul jeruk yang diproduksi oleh Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (BALITJESTRO) Pertanian dan disana petani bisa mendapatkan bibit yang terjamin kualitasnya.

Baca Juga:

Syarat Tanam (Agroklimat) Budidaya Jeruk

Menanam Jeruk Dalam Pot

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2018
Bagikan:

Sponsor

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.